LIVE TV

Home / Nasional / Polri

Selasa, 6 Oktober 2020 - 13:59 WIB

2 Petugas Lapas Jadi Tersangka Usai Bantu Melarikan Cai Changpan

Jakarta – Polisi telah melakukan gelar perkara terkait dugaan keterlibatan dua oknum petugas Lapas Kelas I Tangerang dalam kaburnya narapidana Cai Changpan. Dari hasil gelar perkara, kedua oknum tersebut ditetapkan sebagai tersangka.

Yusri mengatakan keduanya dinilai lalai karena membiarkan napi Cai Changpan kabur dari dalam Lapas. Saat ini keduanya masih menjalani pemeriksaan intensif di Polres Metro Tangerang Kota.

“Hasil gelar perkara kemarin, kedua oknum, yaitu Wadanru 2 dan PNS kesehatan di Lapas Tangerang, ditetapkan sebagai tersangka,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Selasa (06/10/2020).

Sebelumnya, Kombes Yusri menyampaikan kedua oknum tersebut membantu pelarian napi WN China itu. Mereka membantu membelikan Cai Changpan alat penyedot air.

Baca Juga  Hari Kedua PSBB Jilid II Diterapkan, 10 Perusahaan Ditutup Pemprov DKI

“Pompa air inilah yang kemudian dia (tersangka) membeli, (dengan) menyuruh kedua pegawai Lapas ini, bahkan menyimpannya (pompa) beberapa kali selama kurang lebih delapan bulan dan mendapat imbalan dari tersangka. Ini indikasi kelalaian yang dilakukan,” ujar Yusri di Polda Metro Jaya, Sabtu, 3 Oktober 2020.

Yusri menjelaskan, pompa itu digunakan Cai Changpan untuk menyedot air dalam galian. Dia menggali lubang dari sel sampai ke gorong-gorong di luar Lapas. Panjang lubang tersebut mencapai 30 meter. Cai menghabiskan waktu selama delapan bulan untuk menggali.

Baca Juga  Swab Antigen Personel Polres Metro Bekasi Kota Semua Dinyatakan Negatif

“Drainase di luar Lapas tersebut memang ada genangan air, sehingga dia gunakan ada alat penyedot, ada pompa air itu dia gunakan,” kata Yusri.

Sebelumnya, Yusri mengatakan petugas Lapas mendapatkan imbalan uang senilai Rp 100 ribu atas pembelian pompa. Kemudian, mendapatkan Rp 100 ribu lagi saat mengantar pompa ke sel Cai Changpan. Terpidana mati kasus narkotika itu akhirnya kabur dari Lapas Kelas 1 Kota Tangerang pada Senin dini hari, 14 September 2020, pukul 02.30.

Share :

Baca Juga

4 Perintah Kapolri Tindaklanjuti Inpres Jokowi Soal Penerapan Protokol Kesehatan

Nasional

4 Perintah Kapolri Tindaklanjuti Inpres Jokowi Soal Penerapan Protokol Kesehatan
Tim Hukum FPI Siap Dampingi Habib Rizieq Jika ada Panggilan Dari Polri Terkait Pernikahan Putrinya

Nasional

Tim Hukum FPI Siap Dampingi Habib Rizieq Jika ada Panggilan Dari Polri Terkait Pernikahan Putrinya

Nasional

Polisi Gandeng Ahli PUPR dan BPOM Untuk Dalami Kasus Kebakaran Kejagung

Nasional

Cek Kampung Siaga Candi dan Posko PPKM Mikro, Kapolda Jateng Kunjungi Kabupaten Demak Dan Jepara

Nasional

Kapolri Resmi Launching Etle Nasional Tahap 1

Nasional

H-1 Larangan Mudik, 159 Unit Travel Gelap Ditahan Polisi

Nasional

Polda Metro Jaya Amankan 1337 Perusuh dalam Demo Tolak Omnibus Law

Nasional

Ridwan Kamil Meminta Massa FPI Agar Tidak Demo di Kantor Polisi