LIVE TV

Home / Podcast

Rabu, 9 Desember 2020 - 17:04 WIB

3 Keistimewaan Yang Dimiliki Gunung Semeru

Hai pendengar dimanapun kalian berada.Beberapa hari yang lalu dunia wisata dikejutkan dengan adanya letusan gunung semeru yang diduga memakan korban.

Tahukah kamu? jika gunung semeru itu merupakan salah satu gunung yang menjadi dambaan para pendaki loh/ hal ini dikarenakan gunung yang terletak di Malang. Jawa Timur tak hanya memiliki panorama yang indah. melainkan Semeru juga memiliki beberapa keistimewaan loh.

Lalu apa saja keistimewaannya?
Berikut 3 keistimewaan yang dimiliki oleh gunung semeru//

Yang pertama, Gunung Semeru Memiliki Tanah Yang Tertinggi Di Pulau Jawa

Gunung semeru memiliki ketinggian 3676 meter di atas permukaan laut (mdpl). Hal ini membuatnya menyandang predikat gunung tertinggi di Pulau Jawa, sekaligus gunung berapi tertinggi di Indonesia setelah Gunung Kerinci (3805 mdpl) dan Rinjani (3726 mdpl).

Yang kedua, Gunung Semeru adalah Tempat Sakral

Gunung semeru memiliki makna tersendiri bagi umat Hindu.
Semeru dipercaya sebagai tempat persemayaman para dewa, Semeru juga dipuja seperti Gunung Agung di Bali.

Karena hal tersebut yang membuat sejumlah pohon dililit kain putih-kuning dan pendaki dilarang mendirikan tenda di sana.

Baca Juga  Cara Efektif Agar Tidak Stress Selama Masa Pandemi Covid - 19

Menurut keyakinan Hindu, Semeru dibawa oleh Dewa Wisnu yang menjelma sebagai kura-kura raksasa dan Dewa Brahma yang menjelma sebagai ular raksasa guna membelit penggalan tersebut dari Jambudwipa atau daratan sekitar India guna menyeimbangkan Pulau Jawa yang terombang-ambing di lautan.

Gunung Semeru disebut sebagai Paku Jawa, yang dipercaya sebagai pemberian dewa di India untuk menyeimbangkan daratan di Indonesia yang mengapung di lautan.

Dan yang terakhir, Gunung Semeru memiliki 3 danau, Gunung Semeru memiliki 3 danau yang indah di dalamnya. 3 danau itu diberi nama Ranu Kumbolo, Ranu Pani, dan Ranu Regulo yang bisa pendaki jumpai di sekitar gunung yang terletak di Kabupaten Lumajang dan Malang ini. Ranu Regulo berjarak sekitar 20 menit dari Ranu Pani. Di lokasi ini, pendaki dapat mendirikan tenda untuk bermalam sebelum hari pendakian.

Ranu Regulo merupakan salah satu danau ikonik di Gunung Semeru. Danau ini masih terletak di Kecamatan Senduro dengan ketinggian mencapai 2.100 mdpl. Letaknya tak begitu jauh dari Ranu Pani.

Baca Juga  5 Aktivitas Yang Bisa Mengatasi Kebosanan Selama Dirumah

Ranu Regulo memiliki luasnya hampir mirip Ranu Pani, yakni sekitar 0,75 hektare. Danau yang menawan ini bisa jadikan alternatif tempat berkemah sebelum atau setelah pendakian dari Gunung Semeru.

Ranu Kumbulo merupakan danau cantik yang berada di ketinggian 2.389 mdpl. Danau ini merupakan ikon Gunung Semeru. Ranu Kumbolo berada di jalur pendakian menuju puncak Mahameru, tepatnya setelah pos keempat. Luas ikon Gunung Semeru ini mencapai 15 hektare. Luas ikon Gunung Semeru ini mencapai 15 hektare.

Selain 2 danau diatas, semeru juga memiliki danau Ranu Pani merupakan danau yang terletak tidak jauh dari pos pendaftaran. Kadang, keberadaannya tersamarkan oleh hamparan Salvinia molesta atau semacam gulma yang menutupi permukaan danau.

Nah itu dia 3 keistimewaan yang dimiliki Gunung Semeru. Gimana tertarik untuk mendakinya tidak? Sekian dulu ya informasinya, semoga bermanfaat. Sampai jumpa.

(Anisha Aprilia, Alma Tiara)

Share :

Baca Juga

podcast

Podcast

5 Jenis Makanan dan Minuman Yang Sebaiknya Dihindari Oleh Penderita Maag
podcast

Podcast

5 Cara Membuat Hidup Lebih Bermakna
podcast

Podcast

4 Fakta Fenomena Awan Berbentuk Topi Yang Menyelimuti Gunung
podcast

Podcast

3 Jenis Kepribadian Menurut Ahli Psikologi
podcast

Podcast

Cara Aman Berolahraga ditengah Pandemi Covid – 19
podcast

Podcast

7 Kasus Korupsi Terbesar di Indonesia
podcast

Podcast

4 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Rawat Tanaman Hias Indoor
podcast

Podcast

Tsunami Setinggi 20 Meter, Berikut Faktanya