LIVE TV

Home / Polri

Kamis, 7 Januari 2021 - 16:42 WIB

3 Pelaku Pemalsuan Hasil Test Swab PCR Diringkus Polisi

Jakarta – Subdit IV Ditreskrimum Polda Metro Jaya mengungkap kasus perubahan data atau manipulasi data melalui media elektronik untuk pemalsuan surat keterangan swab PCR di Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan. Kamis(7/12).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menyebutkan “telah mengamankan 3 orang tersangka sebagai pemilik akun instagram berinisial MHA, EAD, dan MAIS sebagai orang yang pertama melakukan perubahan/edit surat keterangan SWAB palsu”

Pemalsuan surat diperjual belikan melalui akun media sosial yang sempat ramai dan diketahui oleh dr Tirta kemudian disampaikan melalui akunnya beliau, dan sampai kepada PT BF yang membuat laporan kepolisian.

Baca Juga  Sri Mulyani : Internet Masih Jadi Barang Mewah untuk Sebagian Masyarakat Indonesia

Pelaku pertama berinisial MHA berhasil diamankan di daerah Bandung, EAD di Pondok Gede Bekasi dan MAIS diamankan di Bali, dengan bermodus membuat dan memalsukan data dengan menggunakan atas nama PT BF sebagai salah satu persyaratan untuk penerbangan di masa pandemi yakni calon penumpang harus mengantongi surat hasil SWAB PCR yang menyatakan bebas COVID-19.

Kombel Pol Yusri Yunus menambahkan “Ini yang diunggah MFA yang kemudian diketahui dr Tirta yang disampaikan melalui akun beliau. Sampai kepada PT BF yang membuat laporan di Polda Metro Jaya kemudian tim bergerak melakukan profiling dari mulai akun karena MFA ini kemudian menghapus unggahannya setelah ramai dimedia sosial”

Baca Juga  Peningkatan Kampung Tangguh Jaya RW 16 Padurenan Bekasi Kota

Atas perbuatannya pelaku dikenakan pasal 32 jo Pasal 48 Undang – Undang Nomor 19 Tahun 2016 dan Pasal 35 jo Pasal 51 ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 263 KUHP dengan ancaman maksimal 12 tahun penjara.

(Apriyanty N Maenty / Chronika)

Share :

Baca Juga

Nasional

Ketum Bhayangkari Kunjungi Korban Gempa Pada Kerja Perdana ke Sulbar

Polri

Polsek Cibarusah Rapid Test dan Penyemprotan Desinfektan

Polri

Operasi Cipta Kondisi Wilayah Polsek Jatiasih Dalam Menekan Gangguan Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat

Internasional

Polisi Paraguay – Berhasil di Sita Narkoba 2.3 Ton Sekitar Rp 7.3 Triliun

Nasional

Polisi Tetapkan Gisella Anastasia Sebagai Tersangka Terkait Kasus Pornografi

Nasional

Polres Metro Jakarta Timur Berikan Sembako dan Obat-obatan Untuk Warga Terdampak di Cakung Barat

Internasional

Jasad WNI Ditemukan Dalam Koper di Arab Saudi
Polsek Tambora Tahan 27 Pelajar SMK yang Hendak Demo Omnibus Law

Nasional

Polsek Tambora Tahan 27 Pelajar SMK yang Hendak Demo Omnibus Law