LIVE TV

Home / Nasional / Polri

Jumat, 25 September 2020 - 09:54 WIB

Antisipasi Wisma Atlet Penuh. Pademangan Jadi Lokasi Tower Baru

JAKARTA – Kepala Kesehatan Kodam Jaya Kolonel CKM Stefanus Dony mengatakan pihaknya berencana akan membuka satu tower baru tambahan yaitu tower 8 Wisma Atlet┬ádi Pademangan untuk isolasi mandiri pasien Covid-19 tanpa gejala (OTG) di Jakarta.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika Rumah Sakit Darurat (RSD) atau flat isolasi di Wisma Atlet Kemayoran penuh, maka tower baru itu dapat digunakan.

“Kalau memang kapasitas wisma atlet penuh di dua tower ini, berencana akan dibuka di Pademangan, satu tower yaitu tower 8,” kata Dony, dalam dialog ‘Prosedur Isolasi OTG Covid-19 Mudah atau Sulit’ di kanal Youtube BNPB, Kamis (24/09/2020).

Tower baru ini berkapasitas 1.500 tempat tidur, dan sekarang dalam proses persiapan.

“Dengan kapasitas 1.500. Itu perencanaan yang kita kerjakan, seandainya memang ini sudah full penuh kita siap untuk membuka tower 8 dan memang ini sudah disiapkan juga,” ujarnya.

Baca Juga  Kapolri Silaturahmi ke Panglima TNI, Tekankan Sinergitas dan Soliditas

Dony mengatakan saat ini tower 4 dan 5 Wisma Atlet Kemayoran telah merawat 2.108 pasien dengan persentase keterisian 60-67 persen. Kapasitas pasien isolasi mandiri, sedangkan di dua tower ini sebanyak 3.016 pasien.

“Tentunya kita masih bisa menerima 1.000 pasien OTG,” ujarnya.

Sedangkan untuk tower 6 dan 7 Wisma Atlet Kemayoran diisi dengan pasien gejala ringan-sedang dan telah terisi 2.311 pasien atau sekitar 80 persen, dari total kapasitas 2.780 pasien.

“Pasien kan akan pulang, silih berganti, harapan positif rate turun maka sedikit yang akan datang, untuk pasien OTG sudah dipulangkan 440 dengan assesmen dokter,” katanya.

Per hari ini, tambahan kasus positif di DKI Jakarta sebanyak 1.044 kasus. Secara kumulatif, DKI Jakarta menjadi penyumbang kasus positif terbanyak seprovinsi yaitu 66.731 kasus. Kasus sembuh di DKI Jakarta sebanyak 52.648, dan kasus kematian 1.648.

Baca Juga  SATNARKOBA POLRES BATU BARA KEMBALI GREBEK KAMPUNG NARKOBA

“kita berharap dengan kepatuhan masyarakat disiplin protokol kesehatan dan psbb kasus bisa landai dan kemudian turun,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI saat ini juga telah membuka kerja sama dengan hotel di Jakarta untuk menyiapkan tempat isolasi mandiri secara berbayar. Namun, Kadinkes DKI dr Widyastuti mengatakan hal ini berbeda dengan hotel yang disiapkan oleh pemerintah.

“Pemprov DKI Jakarta sudah berkoordinasi dengan persatuan asosiasi hotel menyiapkan beberapa hotel yang secara mandiri masyarakat bisa pilih sehingga bisa isolasi dilakukan di hotel,” kata Widyastuti dalam dialog ‘Prosedur Isolasi OTG Covid-19 Mudah atau Sulit’ di akun YouTube BNPB, Kamis (24/09/2020).

Hotel yang telah disiapkan berbeda-beda. Jadi ada hotel yang memang memakai fasilitas pemerintah gratis, tapi ada juga hotel yang disiapkan untuk masyarakat yang mampu.

Share :

Baca Juga

Rehulina boru Nainggolan

Nasional

Penderita kanker payudara sampaikan terima kasih pada Kapolri dan Kabaharkam

Kriminal

Tersangka Pedofil Warga Negara Prancis Tewas Bunuh Diri

Nasional

Sebanyak 7.766 Personel Gabungan Diturunkan Untuk Amankan Aksi Unjuk Rasa
Setahun Presiden Jokowi Menjabat , Pemerintah Disarankan Reshuffle Kabinet

Nasional

Setahun Presiden Jokowi Menjabat , Pemerintah Disarankan Reshuffle Kabinet
Terkait Mini Lockdown, Wagub DKI : Sejak Awal Jakarta Sudah Memiliki Kampung Siaga

Nasional

Terkait Mini Lockdown, Wagub DKI : Sejak Awal Jakarta Sudah Memiliki Kampung Siaga
Telusuri Jejak Djoko Tjandra, Bareskrim Periksa Petugas Bandara Halim Perdanakusuma

Kriminal

Telusuri Jejak Djoko Tjandra, Bareskrim Periksa Petugas Bandara Halim Perdanakusuma

Nasional

Tegakkan Disiplin Warga, Polsek Jagakarsa Bersama 3 Pilar Laksanakan Operasi Yustisi Prokes Covid-19
Hari Ini Mahasiswa Kembali Demo Tolak Omnibus Law, Polisi Tutup Akses ke Istana

Nasional

Hari Ini Mahasiswa Kembali Demo Tolak Omnibus Law. Polisi Tutup Akses ke Istana