LIVE TV

Home / Kriminal / Nasional / Polri

Kamis, 27 Agustus 2020 - 22:04 WIB

Bareskrim Polri Ungkap Kasus Jaringan Sindikat Narkoba Internasional

Jakarta – Direktorat Tindak Pidana Narkoba Badan Reserse Kriminal Mabes Polri berhasil menangkap empat tersangka anggota sindikat narkoba yang berjenis ekstasi asal Belanda. Hal ini berhasil diungkap dengan hasil kerjasama antara Bareskrim Polri, Ditjen Bea dan Cukai, serta Kementrian Hukum dan Ham.

Penangkapan ini berawal ketika Tim Subdit IV Dittipad Narkoba bareskrim pada 31 Juli 2020 mendapatkan informasi akan adanya pengiriman paket yang diduga narkoba dari Belanda ke Indonesia. Setelah ditelusuri, pada 1 Agustus 2020 penyidik menemukan paket yang merupakan ciri-ciri tersebut di kargo jasa ekspedisi di Bandara Soekarno Hatta.

Dijanjikan mendapat 1000 butir ekstasi membuat empat tersangka tergiur untuk melakukannya. Empat tersangka yang berhasil ditangkap penyidik ialah Herianto alias Anto, Sunardi alias Doyok, Hengky Sutejo alias Hengky dan Hasrul alias Ardi.

Baca Juga  Belum Ada Vaksin Lulus Uji Coba, Ahli : Pemerintah Jangan Terburu-Buru Membeli Vaksin Covid-19 Yang Belum Teruji Keamanan Dan Efektivitasnya

” Pengiriman tersebut melalui satu ekspedisi yang berisi baju pengantin dan pelaku menyisipkan narkoba tersebut disisi belakang koper.” Ujar Wakil Direktur Narkoba Bareskrim Polri Kombes Wawan Munawar.

Dalam pengiriman paket tertera atas nama John Christoper dan paket tersebut akan dikirim untuk Asriati yang beralamat di Makassar, Sulawesi Selatan. Selanjutnya tim melanjutkan control delivery terhadap paket tersebut ke Makassar dan berkoordinasi dengan cabang perusahaan ekspedisi Makassar dan Polda Sulawesi Selatan.

Baca Juga  62.560 Vaksin Tiba Di Semarang, Kapolda Jateng: Polri Siap Amankan Distribusinya Sampai Tujuan

Kemudian penyidik melakukan pengintaian pengiriman paket untuk mengetahui lebih detail sindikat tersebut. Diketahui pada 4 Agustus 2020 Hengky menelfon kantor jasa ekspedisi dan membayar biaya pengiriman tambahan paket dengan menggunakan rekening bank atas nama Hasnawati.

Karena saat pengiriman paket tidak ada yang dapat menerima, Rahmat mendatangi kantor ekspedisi di Makassar untuk mengambil paket tersebut. Lalu Tim menannyakan lebih detail siapa yang menyuruhnya dan Rahmat menjelaskan secara lengkap.

Terungkap empat tersangka yang terjerat pasal 132 ayat (1) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman pidana mati dan denda minimal 1 milyar.

(Ari Nadia)

Share :

Baca Juga

Erick Thohir: Pemerintah Berusaha Sekuat Tenaga Jaga Kesehatan Masyarakat

Nasional

Erick Thohir: Pemerintah Berusaha Sekuat Tenaga Jaga Kesehatan Masyarakat
Gadaikan 12 motor wanita diamankan polres pemalang

Kriminal

Gadaikan 12 motor wanita diamankan Polres Pemalang

Nasional

Buntut Dangdutan Saat Pandemi. Kapolsek Tegal Selatan Dicopot. Wakil Ketua DPRD Terancam Pidana
Lusa, Bareskrim Gelar Perkara Kasus Surat Jalan Djoko Tjandra

Kriminal

Lusa, Bareskrim Gelar Perkara Kasus Surat Jalan Djoko Tjandra

Nasional

Moeldoko: Penanganan Covid-19 RI Lebih Baik ketimbang AS
Berbagi Kebahagiaan Kapolda bersama ICJS dan Komisi 3 DPR RI Perangi Covid 19 di Solo

Nasional

Berbagi Kebahagiaan Kapolda bersama ICJS dan Komisi 3 DPR RI Perangi Covid 19 di Solo

Nasional

Hasil Rapid Test Antigen, Tak Ada Warga Positif Covid dalam Kerumunan Jokowi di NTT

Nasional

Masyarakat Semarang dan Jateng Tolak Aksi Demo Anarkis