LIVE TV

Home / Nasional / Polri

Rabu, 23 September 2020 - 10:45 WIB

Brimob Polda Jabar Bantu Evakuasi Pasca Banjir Bandang Di Kabupaten Sukabumi

Sukabumi – Musim hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di bulan September membuat sejumlah daerah Jawa Barat khususnya di Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Sukabumi mengalami banjir bandang.

Bencana tersebut terjadi akibat meluapnya Sungai Citarik-Cipeuncit pada Senin (22/9) sore. Banjir bandang tersebut mengakibatkan sejumlah pemukiman warga di tiga kecamatan dan 12 desa dan membuat warga masyarakat harus meninggalkan rumahnya untuk sementara dan mengungsi ketempat sanak familinya yang tidak terdampak banjir.

Menanggapi hal itu, untuk membantu masyarakat dalam proses evakuasi puing dan menyingkirkan material  banjir Brimob Polda Jabar menurunkan 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) personelnya yang sudah dibekali beragam kemampuan dalam penanganan bencana dan SAR.

Tak hanya itu, mereka juga mampu mengoperasikan berbagai macam alat berat dan menjadi cadangan bagi operator ketika kelelahan.

“Di Brimob itu ada Gegana dan Pelopor. Nah untuk Pelopor mereka dibekali kemampuan di lokasi bencana dan SAR. Selain itu mereka juga mampu mengoperasikan alat-alat berat salah satunya ekskavator,” kata Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol Asep Saepudin didampingi Kapolres Sukabumi AKBP Lukman Syarif pada Selasa (22/9/2020).

Baca Juga  Kemensos Bagikan Bantuan Sosial Tunai Bagi Warga Terdampak Covid-19 Di Badung Bali

Menurut Asep, Kemampuan menguasai alat berat ini sangat berguna saat berada di lokasi bencana. Mereka bisa berperan sebagai operator alat berat dan menggantikan personel BPBD atau operator yang dipekerjakan menyingkirkan material banjir ketika bencana alam terjadi.

Bantuan Mengalir

Selain Brimob Polda Jabar,Badan Penanggulangan Bencana Alam DPP Partai Golkar juga memberikan bantuan di lokasi banjir bandang Kampung Cibitung, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Bantuan tersebut berupa beras, minyak goreng, telur, selimut, seprai, popok bayi yang akan dibagikan kepada 1.000 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak bencana.

Bantuan tersebut diserahkan langsung kepada masing-masing desa di Kecamatan Cicurug yang terdampak bencana.

Baca Juga  Pilkada Serentak Jadi Harapan untuk Lahirkan Pemimpin Daerah Berkualitas

“Saya mewakili ketua umum DPP Partai Golkar bapak Airlangga Hartarto menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban yang meninggal dunia maupun yang terdampak bencana,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Alam DPP Partai Golkar Febri Hendri, Selasa (22/9/2020).

Penyerahan bantuan tersebut juga dihadirkan oleh anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Dewi Asmara serta pengurus Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Sukabumi, Deni Gunawan.

Selain Sembako, pihaknya juga membagikan paket protokol kesehatan untuk warga di lokasi bencana.

“Seperti diketahui saat ini masih pandemi COVID-19, di dalam paket bantuan kami sertakan masker, sabun cuci tangan dan hand sanitizer. Intinya kami merasa terpanggil untuk memberikan bantuan kepada saudara kami yang menjadi korban banjir bandang ini. Mudah-mudahan mereka segera bangkit segera pulih,” ucap Dewi.

(Anisha Aprilia)

Share :

Baca Juga

Nasional

Puluhan Santri Pondok Pesantren Di Bojongsari Positif Covid- 19

Polri

Kapolrestro Bekasi Kampanye Masker dan Cek Lokasi Hiburan Taman Limo Jatiwangi
Indonesia Siap Produksi Vaksin Covid-19 pada 2021

Nasional

Indonesia Siap Produksi Vaksin Covid-19 pada 2021

Nasional

Polda Metro Jaya Salurkan 2350 Paket Bantuan di Asrama Polri Cipinang

Internasional

Dalam Sehari, Amerika Serikat Catat Rekor 290 Ribu Kasus Covid-19
Viral Sebuah Video Mobil Pribadi Halangi Ambulans, Polisi : Bisa Diancam Pidana

Nasional

Viral Sebuah Video Mobil Pribadi Halangi Ambulans, Polisi : Bisa Diancam Pidana

Nasional

Ditabrak Kereta Api, Sebuah Mobil Terpental Hingga 30 Meter di Tegowanu

Nasional

Densus 88 Punya 21 Hari Tentukan Status Hukum Munarman