LIVE TV

Home / Podcast

Kamis, 27 Agustus 2020 - 22:12 WIB

Cara Aman Berolahraga ditengah Pandemi Covid – 19

Semenjak organisasi kesehatan dunia (WHO) menghimbau kita untuk melakukan physical distancing banyak yang berubah termasuk dalam cara kita hidup sehari-hari. dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengimbau beberapa upaya yang harus dilakukan untuk mencegah penularan virus yang semakin meluas di masyarakat. Tak hanya melakukan proses belajar, mengajar, bekerja, dan beribadah dirumah.

Menjaga kesehatan tubuh menjadi prioritas utama, bukan berarti disaat pandemi COVID-19 seperti ini malah berhenti melakukan berolahraga seperti biasanya . Namun, berolahraga di tengah pandemi tak bisa bisa disamakan dengan olahraga dalam keadaan normal, dengan berolahraga yang ringan secara rutin sudah dapat membantu dalam menjaga daya tahan tubuh.

Kegiatan berolahraga secara rutin menjadi salah satu upaya efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh seseorang menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang bakteri, kuman maupun virus penyebab penyakit.

Baca Juga  4 Fakta Fenomena Awan Berbentuk Topi Yang Menyelimuti Gunung

Kegiatan olahraga ini tentu saja masih dapat dilakukan di rumah, selama adanya kebijakan pembatasan sosial masih dilakukan.

Dalam hal ini, Pakar Kedokteran Olahraga UGM Dr.dr. H. Zaenal Muttaqin Sofro,. AIFM memberikan beberapa tips cara aman berolahraga selama pandemi virus corona Salah satunya olahraga fisik bisa dilakukan di rumah selama pandemi virus corona masih berlangsung. Serta masyarakat jug bisa berolahraga secara aman dengan menerapkan prinsip social distancing.

“Pertama, lakukan gerakan olahraga tanpa berpindah tempat atau dilakukan dengan posisi sejajar minimal dua meter dengan orang lain,”
“Kedua, jika berjalan kaki atau berjalan cepat pastikan berjarak kurang lebih lima meter dari orang di depannya.
“Ketiga, Jika berlari atau jogging pastikan berjarak kurang lebih sepuluh meter dari orang di depannya,”
“Keempat, apabila bersepeda jaga jarak kurang lebih dua puluh meter,”

Baca Juga  5 Cara Melawan Rasa Lelah yang Ganggu Aktivitas

Jarak yang harus diperhatikan oleh masyarakat yang berolahraga dengan berjalan kaki juga dibedakan dengan masyarakat yang berolahraga dengan berlari atau jogging.

Yang terakhir dalam penggunaan masker, dipastikan bahwa aktivitas olahraga masyarakat tidak akan terganggu. Masker harus digunakan setiap waktu termasuk pada saat berolahraga, karena olahraga yang disarankan pada saat pandemi adalah olahraga dengan intensitas yang ringan hingga sedang. Maka, akan masih aman menggunakan masker meskipun kita sedang berolahraga.

Share :

Baca Juga

podcast

Podcast

4 Fakta Fenomena Awan Berbentuk Topi Yang Menyelimuti Gunung
podcast

Podcast

4 Makanan yang Membuat Suasana Hati Lebih Bahagia
podcast

Podcast

5 Cara Ubah Kebiasaan untuk Memulai Hidup di Tahun 2021
podcast

Podcast

5 Aktivitas Yang Bisa Mengatasi Kebosanan Selama Dirumah
podcast

Podcast

5 Jenis Makanan dan Minuman Yang Sebaiknya Dihindari Oleh Penderita Maag
podcast

Podcast

3 Jenis Kepribadian Menurut Ahli Psikologi
podcast

Podcast

Tips Menghemat Kuota Internet Selama WFH
podcast

Podcast

4 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Rawat Tanaman Hias Indoor