LIVE TV

Home / Nasional / Polri

Selasa, 15 September 2020 - 13:26 WIB

Denda Rp.1 Juta Bagi Pelanggar Tak Pakai Masker Saat Berkendara

JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menerapkan PSBB secara ketat selama dua pekan ke depan mulai Senin (14/09/2020). Dalam Peraturan Gubernur Nomor 79 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya dan Pengendalian Covid-19.

Selama periode pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) di DKI Jakarta berlaku pada pengendara yang tidak mengenakan masker saat beraktivitas akan dikenakan denda hingga Rp 1 juta. PSBB DKI Jakarta ini diatur melalui tiga Peraturan Gubernur (Pergub), yaitu Pergub DKI Jakarta Nomor 33 Tahun 2020, Pergub DKI Jakarta Nomor 79 Tahun 2020, dan Pergub DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2020.

Baca Juga  3 Kurir Narkoba di Tangerang Diringkus Polisi

Pada Pergub yang diteken tanggal 19 Agustus 2020 itu, diatur denda progresif bagi setiap warga, pelaku usaha, dan penanggung jawab fasilitas umum yang berulang kali melanggar protokol kesehatan Covid-19.

Pasal 5 Ayat 4, Setiap melakukan penindakan kepada pelanggar, Satpol PP akan mendata nama, alamat, dan nomor induk kependudukan, pelanggar untuk dimasukkan ke basis data atau sistem informasi.

Sanksi khusus bagi warga yang tidak menggunakan masker diatur dalam Pasal 5 Pergub 79/2020. Sesuai ketentuan, akan dapat dikenakan sanksi administratif sebesar Rp 250.000 atau kerja sosial membersihkan sarana fasilitas umum dengan mengenakan rompi selama satu jam.

Jika melanggar lagi untuk kedua kalinya, maka dikenakan sanksi administratif sebesar Rp 500.000 atau kerja sosial membersihkan sarana fasilitas umum dengan mengenakan rompi selama dua jam.

Baca Juga  6 Hari Operasi Patuh Jaya, 335 Pengendara di Jaktim ditilang

Dan jika berulang tiga kali, akan dikenakan kerja sosial membersihkan sarana fasilitas umum dengan mengenakan rompi selama 180 menit (tiga jam) atau denda administratif paling banyak sebesar Rp 750.000.

Pasal 5 Ayat 2b. Jika orang yang sama sudah tercatat melanggar pengenaan masker selama empat kali, maka petugas bisa mendenda pengendara tersebut sebesar Rp 1 juta atau kerja sosial sampai 4 jam.

Kini pihak Satpol PP akan lebih ketat dalam menerapkan aturan tersebut. Agar masyarakat Jakarta tidak kembali ke masa PSBB.

Share :

Baca Juga

Nasional

Hampir 11 Jam Habib Rizieq Diperiksa
Polda Lampung Sita Gading Gajah Ratusan Juta, 3 Pelaku Jadi Tersangka

Kriminal

Polda Lampung Sita Gading Gajah Ratusan Juta, 3 Pelaku Jadi Tersangka

Nasional

Timbulnya Waterspout di Maluku, Diimbau Nelayan Tunda Aktivitas
Widodo : Kemkominfo Siap Dukung Penuh KPU Pemilihan Serentak 2020

Nasional

Widodo : Kemkominfo Siap Dukung Penuh KPU Pemilihan Serentak 2020

Nasional

Kapolsek Kawasan Muara Baru Gelar Swab Antigen Gratis

Nasional

Rakor Lintas Sektoral Peniadaan Mudik 2021, Kakorlantas Ajak Masyaakat Tunda Mudik
KPK Tindaklanjuti Laporan Kasus Korupsi Rektor Universitas Negeri Semarang

Nasional

KPK Tindaklanjuti Laporan Kasus Korupsi Rektor Universitas Negeri Semarang

Nasional

7 Pernyataan Sikap Dikeluarkan Komponen Merah Putih Papua