LIVE TV

Home / Nasional / Polri

Selasa, 24 November 2020 - 11:28 WIB

Eks Bupati Muara Enim Ditahan Terkait Kasus Suap Rp5,85 M

Palembang – Bupati Muara Enim periode 2009-2014 Muzakir Sai Sohar ditahan di Rutan Kelas 1 Pakjo Palembang setelah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus alih fungsi lahan perkebunan PT Perkebunan Mitra Ogan oleh Kejaksaan Tinggi Sumatra Selatan, Senin (23/11/2020).

Dalam kasus yang diduga merugikan negara hingga Rp5,8 miliar ini, Muzakir telah ditetapkan sebagai tersangka sejak Kamis (12/11/2020). Saat pemeriksaan rapid test, Muzakir reaktif sehingga pemeriksaan lebih lanjut ditunda dan berstatus sebagai tahanan kota.

Sebelum ditahan, Muzakir menjalani pemeriksaan di Kejati Sumsel selama lima jam. Kemudian dia keluar mengenakan rompi merah dan dikirim ke Rumah Tahanan (Rutan) Pakjo Palembang, Senin (24/11/2020).

Baca Juga  Wisata Alam Zona Hijau Segera Dibuka, Polri Siap Kawal Penerapan Protokol Kesehatan

Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Sumsel Zet Tadung Allo mengungkapkan, pihaknya mengubah status Muzakir dari tahanan kota menjadi tahanan rutan karena banyak pertimbangan, salah satunya kesehatannya cukup stabil. Dia ditahan sejak hari ini hingga 1 Desember 2020.

“Benar, tersangka dilakukan penahanan. Tadi sebelumnya diperiksa selama lima jam,” ungkap Zet.

Dikatakan, Muzakir diduga menerima aliran dana suap dalam bentuk uang asing sebanyak 400 ribu USD atau Rp5,8 miliar. Tidak menutup kemungkinan bakal ada tambahan tersangka, baik perorangan maupun dari instansi karena masih dalam proses pengembangan.

Baca Juga  Polda Metro Jaya Melaunching Timsus Penindak Pelanggar Protokol Kesehatan dan Penegak Disiplin Berbasis Komunitas Ojek Online

Sementara itu kuasa hukum Muzakir, Firmansyah membantah segala tuduhan tersebut. Dirinya bersikeras bahwa kliennya tidak bersalah.

“Dalam pemeriksaan, klien saya sudah menjelaskan memang ada pertemuan antara perwakilan PTP Mitra Ogan dengan Pemkab Muara Enim semasa dia menjabat. Namun klien saya membantah sudah menerima pemberian apapun dari PTP Mitra Ogan,” ujar Firmansyah.

 

(Irfan Maulana)

Share :

Baca Juga

Nasional

Polri Kirim Sejumlah Bantuan Tangani Gempa Sulbar
Reisa: Masyarakat Tidak Perlu Khawatir, Vaksin Terjamin Aman

Nasional

Reisa: Masyarakat Tidak Perlu Khawatir, Vaksin Terjamin Aman

Nasional

Kapolres Metro Jakarta Utara Hadiri Pengukuhan Pengurus IKBP

Polri

Masker Gratis Sebanyak 500 Buah Diberikan Pada Warga Dalam Rangka Kota Bekasi Bermasker

Nasional

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya Ungkap Jaringan Narkotika Asal Timur Tengah

Nasional

Polri Kerahkan 2.690 Personel Brimob Untuk Kawal Aksi 1812
KPK Panggil 2 Kepala Dinas Sebagai Saksi Kasus Bupati Labuhanbatu Utara

Kriminal

KPK Panggil 2 Kepala Dinas Sebagai Saksi Kasus Bupati Labuhanbatu Utara

Nasional

Viral Video Tiktok Hina Jokowi dan Puan, Karopenmas Polri : Nanti Akan Diselidiki Oleh Tim Cyber Polri