LIVE TV

Home / Nasional

Senin, 2 November 2020 - 16:14 WIB

Indonesia Jadi Tuan Rumah Konferensi International Association of Women Police

Yogyakarta – Dalam rangka sosialisasi konferensi IAWP (Internasional Association of Woman Police) yaitu konferensi Polisi Wanita seluruh dunia. Indonesia kembali berkesempatan menjadi tuan rumah 58Th IAWP Conference.

Kegiatan itu akan mengambil tema “Woman at The Center Stage of Policing” yaitu Wanita Pada panggung utama Pemolisian. Rencananya kegiatan akan diselenggarakan di Yogyakarta pada September 2021 mendatang.

Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai wadah Polisi Wanita Indonesia segera mempersiapkannya dengan membentuk tim panitia dan melaksanakan berbagai kegiatan Workshop, Sarasehan di satker tingkat mabes polri dan di polda – polda di Indonesia.

Konferensi ini adalah konferensi tahunan yang dihadiri oleh polisi wanita di seluruh dunia.

Konferensi ini mengangkat ide 6 pilar dalam pemolisian abad 21 yang terdiri dari upaya membangun kepercayaan dan legitimasi, Menyusun kebijakan yang komprehensif dan responsive, serta menyeimbangkan peran IT dan media sosial sesuai kebutuhan masyarakat.

Tujuan dari konferensi IAWP adalah meningkatkan Kerjasama dengan negara sahabat atau organisasi internasional di dunia guna melakukan pencegahan dan penanganan kejahatan.

Baca Juga  10 Juta Bahan Baku Vaksin Sinovac Akan Diproduksi 13 Februari

Selain itu, IAWP bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan jejaring atau networking para penegak hukum khususnya polwan seluruh dunia agar dapat bertukar informasi, pengetahuan, pengalaman dan best practice.

International Association of Women Police (IAWP) Conference adalah organisasi yang menaungi polisi wanita sedunia, didirikan sejak 1915 di Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Hingga saat ini, anggota IAWP terdiri dari 73 negara, dan pada tiap tahunnya mengadakan konferensi internasional di negara yang berbeda.

Berkat 3 delegasi polwan Indonesia yang dipimpin oleh Brigjen Pol, Dra. Ida Oetari Poernamasasi, S.A.P., M.A, dan beranggotakan AKBP Yuli Cahyanti, S.S., M.Si, serta AKP Anggraini Putri, SIK., 3 delegasi polwan Indonesia tersebut berhasil memenangkan Bidding di Quito, Ekuador pada 5 Maret lalu dengan presentasi yang memukau para Board of Directors.

Dengan mengangkat tema ‘Women at The Center Stage of Policing’ dan berhasil meraih kemenangan saat berhadapan dengan delegasi dari Chicago, Amerika Serikat.

Baca Juga  TNI AL Berhasil Tangkap Dua Kapal Asing Pencuri Ikan di Laut Natuna

Saat itu, sebelum IAWP 2020 digelar, sebanyak 24 delegasi Polwan RI mengikuti The 57th IAWP Training Conference 2019 di Anchorage, Alaska, US.

Dengan tujuan melaporkan perkembangan kesiapan Indonesia sebagai Tuan Rumah IAWP 2020 pada Board of Director Meeting, melakukan pengamatan secara menyeluruh terhadap pelaksanaan IAWP 2019 sebagai referensi penyelenggaraan Konferensi IAWP tahun depan.

“Delegasi Indonesia dipimpin oleh Brigjen Pol, Dra. Ida Oetari Purnamasasi, S.A.P., M.A selaku Ketua Region 23 yang membawahi 19 negara, dan didampingi oleh Irjen Pol, Dr. H.S. Maltha, SIK., S.H., M.Si selaku Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri, serta Brigjenpol Krishna Murti, SIK., M.Si selaku Karomisinter Divhubinter Polri,” tertulis di laman tribratanews.

Pada pembukaan acara saat itu, dilaksanakan Parade of Nations yang bertujuan untuk menunjukkan bahwa Konferensi Internasional ini dihadiri oleh delegasi polwan dari berbagai belahan dunia.

Share :

Baca Juga

Nasional

Presiden Jokowi Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

Nasional

Seorang Pria di Ulujami Jaksel Tewas Bakar Diri Pakai Bensin
Polisi Tetapkan 5 Tersangka Terkait kasus di Pabrik Nikel Konawe

Kriminal

Polisi Tetapkan 5 Tersangka Terkait kasus di Pabrik Nikel Konawe

Nasional

Sri Mulyani : Internet Masih Jadi Barang Mewah untuk Sebagian Masyarakat Indonesia
Eks Kepala Dinas Penanaman Modal Dumai Diminta Jadi Saksi KPK

Nasional

Eks Kepala Dinas Penanaman Modal Dumai Diminta Jadi Saksi KPK

Nasional

Tak Terdapat Laporan Kasus Pascaimunisasi Sejak Pelaksanaan Program Vaksinasi Covid-19
Polda Metro Ungkap Artis JS Konsumsi Narkoba Jenis LSD, Perhari 4 Lembar

Kriminal

Polda Metro Ungkap Artis JS Konsumsi Narkoba Jenis LSD, Perhari 4 Lembar

Nasional

Banjir Kalimantan Selatan Saat Ini Memakan 5 Korban Tewas