LIVE TV

Home / Ekonomi / Nasional

Sabtu, 7 November 2020 - 13:40 WIB

LPEI dan Kementerian Perdagangan Bersinergi Dorong Ekspor Nasional

Jakarta – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) siap bersinergi bersama Kementerian Perdagangan Republic Indonesia, untuk mendorong Ekspor Nasional Khususnya sektor UKM berorientasi ekspor.

“Kami mendukung sinergi kementerian perdaganganan RI bersama LPEI sebagau special mission vehicle (SMV) Kementerian keuangan RI untuk bersama – sama meningkatkan ekspor nasional melalui berbagai fasilitas pembiayaan, penjaminan, asuransi dan jasa konsultasi,” ujar Direktur Eksekutif LPEI, James Rompas pada hari Jumat (6/11/2020).

Sinergi antara, Kementerian Perdagangan RI dan LPEI memang sudah terjalin sejak lama. Melalui Trade Expo Indonesia, Kementerian Perdagangan dan LPEI akan memfasilitasi para pelaku UKM berorientasi Ekspor untuk bertemu para calon buyer dari luar negeri.

Baca Juga  Yana : Bukan Merah, Kota Bandung Masih di Zona Oranye

Sementara itu, Virtual Trade Expo Indonesia menjadi ajang promosi bagi produksi – produksi Indonesia sekaligus business matching antara para pelaku usaha dengan buyar mancanegara. Pada event tersebut, LPEI akan mengikut sertakan 12 mitra binaan pilihan yang berasal dari program jasa konsultasi yang dinamakan coaching program for new exporter (CPNE).

Program ini sendiri bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada pelaku usaha agar siap menjadi eksporti dan bankable, selain itu LPEI juga akan menggelar Coaching Clinic bagi para pelaku UKM untuk menambah pengetahuan dalam berbisnis dan menembus pasar ekspor. D. James Rompas menambahkan, saat ini LPEI juga menerima penugasan pemerintah dalam program penugasan khusus ekspor (PKE) UKM Berorientasi Ekspor yang diluncurkan berdasarkan keputusan menteri keuangan RI No.372/KMK.08/2020.

Baca Juga  PSBB Transisi Hari Pertama. Penumpang KRL Naik 7 Persen

“Di masa pemulihan akibat pandemi, LPEI menilai banyak pelaku usaha yang membutuhkan dukungan finasial maupun non finansial,” ucapnya.

LPEI memiliki produk penjaminan dimana LPEI berperan sebagai credit enhancer yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha untuk mendapatkan akses pembiayaan dari bank, adapun dukungan non finansial salah satunya dilakukan LPEI dengan mendapingi UMKM di daerah

Share :

Baca Juga

Residivis curanmor kelas kakap kembali diringkus polisi

Kriminal

Residivis Curanmor Kelas Kakap Kembali Diringkus Polisi

Nasional

Satlantas Polres Metro Jakarta Timur Kawal Demo guna Mengantisipasi Penyebaran Covid-19

Nasional

Bareskrim Polri Serahkan Rizieq Shihab dan 5 Tersangka ke Kejaksaan Agung Hari Ini

Nasional

Tim Serap Aspirasi : Ingin lebih banyak masyarakat aktif memberi masukan dan mengkritisi RUU

Nasional

Diduga Melakukan Penipuan, Bareskrim Terima Laporan Terkait Kasus TikTok Cash
Polisi Tangkap artis karena Gunakan Narkoba

Kriminal

Polisi Tangkap Artis FTV Karena Gunakan Narkoba Jenis Sabu
Program Road Safety Partnership Action dalam Keselamatan Berlalu Lintas

Nasional

Program Road Safety Partnership Action dalam Keselamatan Berlalu Lintas
Kapolda Jateng: Anggaran Penanganan Covid-19 Telah Kami Kelola Sesuai Ketentuan

Nasional

Kapolda Jateng: Anggaran Penanganan Covid-19 Telah Kami Kelola Sesuai Ketentuan