LIVE TV

Home / Nasional / Polri

Selasa, 13 Oktober 2020 - 11:39 WIB

Polisi Segera Gelar Perkara Tetapkan Tersangka Kasus Kebakaran Gedung Kejagung RI

JAKARTA – Sebelum menetapkan tersangka Bareskrim Polri gelar perkara terkait kasus kebakaran kejagung Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) RI, Jakarta Selatan.

Direktur Tindak Pidana Umum (Dir Tipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Pol Ferdy Sambo, menyamapaikan bahwa gelar perkara penetapan tersangka itu rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Dan sebelumnya telah melakukan pemeriksaan laboratorium forensik kamera pemantau pada mesin absensi.

“Mungkin dalam waktu dekat kita gelar untuk penetapan tersangka. Nanti kita beritahu secara resmi,” kata Ferdy di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (12/10/2020).

Baca Juga  Polisi Siapkan Pengamanan, Jelang Demo Tolak UU Cipta Kerja PA 212

Gelar perkara nantinya akan dipimpin langsung oleh Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo dan dihadiri oleh Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Ferdy Sambo, Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Kejaksaan Agung RI Fadil Zumhana, dan sejumlah Jaksa Peneliti.

Ferdy mengatakan, dalam gelar perkara ini akan lakukan konstruksi hukum berdasarkan keterangan saksi, ahli dan fakta yang ditemukan dalam proses penyelidikan dan penyidikan.

“Kemarin kami konstruksikan perkaranya, kemudian kami lengkapi keterangan saksi kemudian ada ahli,” tuturnya.

Bareskrim Polri dalam penyelidikan menyimpulkan ada peristiwa pidana dalam kebakaran Gedung Utama Kejagung. Dan menemukan sumber api bukan disebabkan hubungan arus pendek listrik melainkan diduga karena open flame atau nyala api terbuka.

Baca Juga  Kejagung Periksa 5 Saksi Terkait Kasus Dugaan Suap Jaksa Pinangki

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Awi Setiyono, mengatakan, tujuan dari dilaksanakan gelar perkara yakni untuk mensingkronisasi berkas perkara antara penyidik Polri dan Jaksa Peneliti. Sehingga, diharapakan akan mempercepat proses penyidikan.

“Biar nanti kalau sudah tahap satu bisa berjalan dengan lancar. Jangan sampai berkas sampai bolak-balik. Jadi istilahnya sinkronisasi,” kata dia.

Share :

Baca Juga

Nasional

Dapat Laporan Terjadi Pembunuhan di Hotel Syailendra, Polres Magelang Gerak Cepat Datangi TKP

Nasional

Kejaksaan Negeri Depok Gelar Pemusnahan Barang Bukti

Nasional

Kakorlantas Bakal Awasi Ketat Tempat Wisata Selama Peniadaan Mudik

Polri

Tiga Pilar Wilayah Hukum Polsek Bekasi Kota Memberikan Rapid, Masker dan Sembako Gratis

Nasional

Masuk Jateng Putar Balik, Polda Jateng Siapkan 14 Titik Posko Di Perbatasan Jawa Tengah

Nasional

Polri Jelaskan Polisi Penembak Laskar FPI yang Tewas : Karena Kecelakaan

Nasional

Polres Bekasi Kota Gelar Pelatihan Pedang Pora Untuk Para Perwira Baru

Polri

Patroli Kamtibmas dan Adaptasi Kebiasaan Baru Kota Bekasi