LIVE TV

Home / Nasional / Polri

Sabtu, 9 Januari 2021 - 11:19 WIB

PPKM Jawa-Bali, Satgas Covid-19 Perpanjang dan Perketat Aturan Perjalanan di Indonesia

Jakarta – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memperpanjang dan memperketat aturan pembatasan perjalanan di dalam negeri. Aturan ini dikeluarkan atas tingginya penularan Covid-19 di tingkat nasional.

Aturan tersebut dikeluarkan dalam Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Covid-19, berlaku mulai Sabtu (9/1) hingga 25 Januari mendatang seiring dengan masa penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa-Bali.

Surat edar yang memuat aturan pembatasan perjalanan tersebut telah berakhir pada Jumat (8/1).

Ketua Satgas Doni Monardo menjelaskan, perpanjangan ini dimaksudkan untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 yang berpotensi meningkat akibat perjalanan orang dari satu wilayah ke wilayah lain.

“Peraturan ini berlaku bagi seluruh pengguna moda transportasi pribadi maupun umum, baik melalui udara, perkeretaapian, darat, maupun laut.” kata Doni.

Kemudian, Satgas juga mewajibkan seluruh pengguna moda transportasi baik pribadi maupun umum menjalankan protokol kesehatan.

Berikut rincian protokol kesehatan yang wajib dipatuhi oleh masyarakat:

1. Setiap individu yang melaksanakan perjalanan orang, wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, hindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Baca Juga  Wamenkes sebut Belum Ada Efek Samping Usai Divaksin Covid-19

2. Pengetatan protokol kesehatan sepanjang perjalanan yang perlu dilakukan berupa penggunaan masker wajib secara benar menutupi hidung dan mulut dengan jenis masker kain 3 lapis atau masker medis.

3. Pelaku perjalanan dalam negeri harus mengikuti sejumlah ketentuan, sebagai berikut:

Pertama, Setiap individu yang melaksanakan perjalanan orang dengan kendaraan pribadi maupun umum bertanggung jawab atas kesehatannya masing-masing, serta tunduk dan patuh pada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kedua, Untuk perjalanan ke Pulau Bali, pelaku perjalanan dengan moda transportasi udara wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif menggunakan tes RT-PCR paling lama 2 x 24 jam atau rapid test antigen paling lama 1 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

Sementara untuk pengguna moda transportasi darat atau laut, baik pribadi maupun umum, wajib menunjukkan keterangan hasil negatif menggunakan tes RT-PCR atau nonreaktif rapid test antigen paling lama 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Baca Juga  Akibat Mengantuk, Truk Bahan Bangunan Tabrak Trotoar Hingga Terbalik

Ketiga, Untuk perjalanan dari dan ke Pulau Jawa serta di dalam pulau Jawa (antar-provinsi/kabupaten/kota), pelaku perjalanan dengan moda transportasi udara wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif menggunakan tes RT-PCR paling lama 3 x 24 jam atau rapid test antigen paling lama 2 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

Keempat, Untuk perjalanan ke daerah lainnya, pelaku perjalanan dengan moda transportasi udara wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif menggunakan tes RT-PCR paling lama 3 x 24 jam atau rapid test antigen paling lama 2 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

Sementara untuk pengguna moda transportasi laut, wajib menunjukkan keterangan hasil negatif menggunakan tes RT-PCR atau rapid test antigen paling lama 3 x 24 jam sebelum keberangkatannya.

Kelima, Bagi siapa pun yang memalsukan keterangan hasil rapid tes antigen maupun RT-PCR akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perundangan.

(Egi Saefullah Achmad)

Share :

Baca Juga

Nasional

Polres Metro Jakarta Utara Menggelar Kampanye Pembagian Masker Serentak
PT Railink Sesusaikan Jadwal Kereta Sokearno-Hatta Untuk Antisipasi Kemacetan Transportasi

Nasional

PT Railink Sesusaikan Jadwal Kereta Sokearno-Hatta Untuk Antisipasi Kemacetan Transportasi
Ridwan Kamil Minta Warga Patuh Pemerintah soal Protokol COVID – 19

Nasional

Ridwan Kamil Minta Warga Patuh Pemerintah soal Protokol COVID – 19

Kriminal

3 Warga Kanaan Ditangkap Polisi Usai Terima Paket 235,4 Gram Ganja
Hadiri Musyawarah PSMTI Provinsi  Jateng, Kapolda Jateng Ajak Masyarakat Jaga Kerukunan Antar Umat Beragama

Nasional

Hadiri Musyawarah PSMTI Provinsi  Jateng, Kapolda Jateng Ajak Masyarakat Jaga Kerukunan Antar Umat Beragama

Infrastruktur

Wajah Baru Alun – Alun Kota Tangerang Setelah di Revitalisasi

Nasional

Tiga Terdakwa Surat Jalan Palsu Divonis Bersalah, Kapolri: Penegakan Hukum di Internal Polri Berjalan Secara Proffesional dan Tak Pandang Bulu

Nasional

Kecelakaan Minibus Dengan Truk di Tol Cipali, Akibatnya Empat Orang Tewas