LIVE TV

Home / Nasional

Jumat, 11 September 2020 - 22:19 WIB

Program Road Safety Partnership Action dalam Keselamatan Berlalu Lintas

Jakarta – Program Road Safety Partnership Action (RSPA) kini menjadi isu dalam keselamatan berlalu lintas. Program ini merancang aksi keselamatan dalam rangka meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

Keselamatan berlalu lintas saat ini semakin baik danĀ  struktural yang hasilnya juga signifikan.

“Dengan adanya program ini tentunya kami merasa sangat senang dan bersyukur bisa ikut andil dalam RSPA, karena memang dulu kondisi pasar di Pasar Induk Kramat Jati ini sangat tidak kondusif, banyak orang yang menangkut barang kemudian duduk diatas mobil bak. Tapi dengan adanya program ini, kondisi pasar sudah teratur dan tidak ada lagi orang yang berada diatas mobil bak. Ditambah dengan saat ini sudah disediakan wastafle untuk mencuci tangan di setiap sudut pasar.” Ujar Agus Lamun, selaku Manager Unit Pasar Induk Kramat Jati, pada Jum’at (11/9)

Baca Juga  Easy Bike, Sepeda Listrik Rakitan Mahasiswa Unpad Jadi Solusi Kurangi Polusi CO2

Perpres tentang keselamatan berlalulintas yang juga sebagai penjabaran dekade aksi keselamatan mengategorikan dalam lima pilar, yaitu; manajemen keselamatan berlalu lintas (road safety management), jalan berkeselamatan (safer road), kendaraan yang berkeselamatan (safer vehicle), pengguna lalu lintas yang berkeselamatan (safer people), dan penanganan pascakecelakaan lalu lintas (post crash).

Contoh lain dari Program RSPA ini adalah adanya rambu-rambu lalu lintas didepan SMK Negeri 26 Jakarta, zebra cross, dan juga terintegrasinya sekolah dengan layanan Jak lingko.

Purwosisulo, selaku kepala sekolah SMKN 26 Jakarta mengungkapkan dengan adanya beberapa fasilitas baru di sekolah dapat mempermudah siswa untuk datang kesekolah maupun pulang kerumah.

“Saya pribadi sangat bersyukur bisa ikutserta dalam program ini, apalagi saat ini fasilitas yang ada di sekolah sudah cukup baik dan memadai, seperti penambahan zebracross, kemudian adanya rambu-rambu didepan, dan terintegrasinya sekolah dengan jaklingko.” Kata Purwosusilo

Baca Juga  Sering Disebut, Ternyata ini Perbedaan PSBM dan PSBB Menurut Satgas Covid-19

Program RSPA dilakukan pada semua lini kesatuan lalu lintas dari satuan lalu lintas sampai dengan tingkat nasional di korlantas. Program-program RSPA mencakup; Program edukasi, Program pembangunan infrastruktur dan sistem-sistem pendukungnya, Program uji SIM yang didukung pencatatan perilaku berlalu lintas, dan de meryt point system serta program ERI (Electronic Regiatration and Identification), Sistem penegakan hukum untuk penindakan pelanggaran yang menuju ELE (Electronic Law Enforcement).

“Saya mendukung penuh dan mengapresiasi Program RSPA yang dilaksanakan oleh Satuan Lalu Lintas Polres Jakarta Timur. Tentunya ini semua untuk mengurangi pelanggaran-pelanggaran atau kecelakaan laka lantas yang ada di wilayah Jakarta Timur. Harapan kami kegiatan ini sangat baik untuk menyadarkan masyarkaat tentang kedisiplinan berlalu lintas.” Ujar Muhammad Anwar, selaku Walikota Jakarta Timur.

(Sidik Virdha)

Share :

Baca Juga

Nasional

Guna Antisipasi Gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat,Polsek Bekasi Timur Lakukan PatroliĀ 

Nasional

Dua Kapal Tanker Asal Iran dan Panama Disita di Perairan Pontianak

Nasional

Pemprov DKI : Diperpanjangnya PSBB Transisi dan naiknya Volume Kendaraan, Kami Belum Berlakukan Ganjil Genap
Tiga Pilar Kebon Jeruk Gencar kan Patroli mobile Himbau Warga Taati Protokol kesehatan

Nasional

Tiga Pilar Kebon Jeruk Gencar kan Patroli mobile Himbau Warga Taati Protokol Kesehatan
Mensos dan Pejabat Eselon I Secara Khidmat Ikuti Upacara Detik-detik Proklamasi dan Penurunan Bendera

Nasional

Mensos dan Pejabat Eselon I Secara Khidmat Ikuti Upacara Detik-detik Proklamasi dan Penurunan Bendera

Ekonomi

Seorang Mahasiswa UNIS Tenangkan Amuk Massa Unjuk Rasa Tolak UU Cipta Kerja di Harmoni
Dirlantas Polda Metro Jaya Luncurkan 3 Aplikasi Berbasis Teknologi

Nasional

Dirlantas Polda Metro Jaya Luncurkan 3 Aplikasi Berbasis Teknologi

Nasional

Polisi: Rizieq Shihab Serahkan Diri Ke Polda Metro Jaya