LIVE TV

Home / Nasional

Selasa, 8 September 2020 - 12:25 WIB

Tragedi Rohingya – 300 Ribu Pengungsi Rohingya, Terdampar di Aceh.

Aceh – 300 Pengungsi Rohingya kembali ‘Berlabu’ di perairan Aceh, tepatnya di Pantai Ujong Blang. Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhoksumawe pada Senin (7/9/2020).

Mereka menumpang kapal kayu dan mendarat di pantai Ujong Blang, mereka juga mengaku  sedikitnya sudah enam bulan terombang – ambing di atas lautan.

Komandan Rayon Militer 16 Banda Sakti, Kapten Roni Mahendra. Menceritakan bahwa kapal yang mengangkut para pengungsi Rohingya ini sudah terlihat oleh nelayan setempat beberapa kilometer dari bibir pantai Ujong Blang pada Minggu, (6/9/2020) malam sebelum akhirnya bersandar pada Senin, (7/9/2020).

Dilaporkan langsung berhamburan dan berlarian meninggalkan kapal, memasuki perkampungan warga dalam tiga kelompok besar.

“Kami membujuk mereka dan meminta bantuan warga untuk mengumpulkan mereka, satu orang dari 102 pria, 181 perempuan dan 14 anak – anak dalam kondisi sakit dan segera dibawa ke rumag sakit setempat untuk mendapatkan perawatan,” uangkap Roni.

Baca Juga  Luhut : Musim Libur telah Datang, Semua Harus Bisa Menahan Diri untuk Kepentingan Bangsa

sebanyak 30 orang tewas di tengah perjalanan dan telah dilarung ke laut.

Sementara itu, Kepala Palang Merah Kota Lhoksumawe, Junaidi Yahya, menjelaskan saat ini para pengungsi telah dievakuasi ke tempat penampungan sementara di Gedung Balai latihan Kerja (BLK) Lhoksumawe.

“Kesehatan mereka, apalagi di saat (pandemi) COVID-19 ini jadi fokus kita,” tutur Yahya.

DW Indonesia mencoba menghubungi Kepala Dinas Sosial Kota Lhoksumawe, Ridwan Jalil, atas langkah-langkah yang akan diambil pemerintah setempat terkait nasib etnis yang tidak diakui sebagai warga negara Myanmar ini. Tetapi hingga berita ini diturunkan, yang bersangkutan belum memberikan tanggapan.

Baca Juga  Diperiksa Selama 13 Jam, Ketua Umum FPI Dicecar 63 Pertanyaan Oleh Penyidik

Kedatangan pengungsi hari ini merupakan gelombang terbesar yang ada sejak tahun 2015. Indonesia sendiri memang dikenal sebagai salah satu negara tujuan yang diincar kaum Rohingya. Sebelumnya, pada akhir Juni, sebanyak 97 pengungsi Rohingya ditemukan terombang-ambing di atas kapal motor yang rusak di perairan Aceh Utara. Mereka akhirnya diselamatkan nelayan setempat.

Diyakini sedikitnya 800 pengungsi Rohingya berlayar dari Cox’s Bazar, Bangladesh, awal tahun ini mencari suaka ke negara-negara Asia Tenggara lain. Dalam laporan PBB tahun 2018 disebutkan adanya pembunuhan massal 10 ribu kaum Rohingya di Rakhine, Myanmar.

Share :

Baca Juga

Polri Tetapkan Tersangka Baru Terkait Kasus Kebakaran Kejagung

Nasional

Polri Tetapkan Tersangka Baru Terkait Kasus Kebakaran Kejagung

Nasional

Kapolda Jateng Kenalkan Aplikasi SIM Nasional Presisi (Sinar) Pada Masyarakat Jateng, Kini Pembuatan dan Perpanjangan SIM Bisa Online

Nasional

Gelar Rapat Terbatas, Jokowi Bahas Esensi dari PPKM
Tergabung dalam 3 Pilar Penanganan Covid-19 Polres Jakarta Selatan Kampanyekan 3M

Nasional

Tergabung dalam 3 Pilar Penanganan Covid-19, Polres Jakarta Selatan Kampanyekan 3M
Polresta Malang Bekuk Kurir Narkoba, 3,5 Sabu Dan Ganja Disita Polisi

Kriminal

Polresta Malang Bekuk Kurir Narkoba, Sabu Dan Ganja Disita Polisi
Kabar Gembira! BLT Gaji Karyawan Gelombang II Akan Cair Pekan Depan

Nasional

Kabar Gembira! BLT Gaji Karyawan Gelombang II Akan Cair Pekan Depan
Rabu Besok, Polda Jabar Periksa 8 Saksi Terkait Kerumunan di Megamendung Bogor

Nasional

Rabu Besok, Polda Jabar Periksa 8 Saksi Terkait Kerumunan di Megamendung Bogor

Nasional

Ustadz Maaher Meninggal, Bareskrim Polri Jelaskan Kronologinya